website statistics


Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Komputer



Sebagai manusia modern saat ini, kita tidak bisa melepaskan kehidupan kita dari adanya sebuah perangkat canggih yang disebut dengan komputer. Ya, dalam banyak kebutuhan yang kita miliki sekarang ini dapat dengan mudah terpenuhi dengan adanya bantuan perangkat komputer. Melihat fakta tersebut akhirnya menarik perhatian kami untuk memberikan informasi kepada anda tentang seluk beluk komputer. Terutama di sini kami akan mencoba menjelaskan kepada anda tentang salah satu komponen penting dalam sebuah komputer yakni tentang pengertian hardware dan macam-macamnya. Tentunya ini akan sangat menambah wawasan yang anda miliki, jadi karena itulah simak ulasan berikut ini dengan seksama agar berbagai informasi tentangnya dapat anda ketahui.
pengertian hardware

Pertama yang akan kami ulas adalah tentang pengertian hardware itu sendiri. Hardware komputer merupakan perangkat keras yang digunakan dalam sebuah komputer yang memiliki bentuk fisik yang dapat kita sentuh secara nyata. Berdasarkan fungsinya perangkat keras atau hardware ini digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu di antaranya sebagai berikut.
Input Device
Input device merupakan perangkat hardware yang berfungsi untuk melakukan input data atau masukan ke dalam sebuah komputer. Ada beberapa contoh hardware input data yang dapat kami berikan, di antaranya:
  1. Keyboard atau papan ketik yang berfungsi untuk memasukkan perintah ke dalam komputer.
  2. Mouse. Mouse merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada saat komputer dijalankan.
  3. Microphone. Mic merupakan hardware input data yang berfungsi untuk memasukkan data berupa suara ke dalam sebuah komputer.
  4. Selain itu masih terdapat hardware lain seperti trackball, touchpad, kamera dan sebagainya.
Processing device
Processing Device merupakan sebuah perangkat hardware yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan data dalam sebuah komputer. Ada beberapa contoh hardware jenis ini, sebagai berikut.
  1. Motherboard. Papan induk atau motherboard memiliki fungsi utama sebagai tempat meletakkan komponen hardware komputer yang lain sekaligus sebagai penghubung antar komponen sehingga menjadi satu kesatuan.
  2. Prosesor. Prosesor merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Semakin baik prosesor maka akan semakin cepat dan baik pula kinerja dari sebuah perangkat komputer.
  3. Ram. Ram merupakan media penyimpanan sementara yang berfungsi saat komputer sedang dijalankan.
  4. Selain ketiga komponen di atas masih terdapat komponen lain seperti VGA, Cassing dan sebagainya.
Output Device
Merupakan perangkat hardware yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data komputer. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam hardware jenis ini adalah sebagai berikut.
  1. Monitor, monitor memiliki fungsi utama untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa gambar.
  2. Printer, printer merupakan sebuah hardware output device yang berfungsi untuk melakukan pencetakan data.
  3. Selain itu masih terdapat komponen lain seperti speaker, dsb.
  4. Storrage Device. Merupakan komponen hardware penyimpanan. Contohnya adalah disket, flashdisk, VCD dan lain sebagainya.
Demikianlah apa yang dapat kami ulas tentang pengertian perangkat keras komputer, semoga informasi yang singkat diatas dapat memberi manfaat bagi kita semua.


Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Komputer | sirot | 4.5